Dalam proses belajar mengajar, fungsi media menurut Nana Sudjana ( 1991 ) yakni: :
- Penggunaan media dalam proses mengajar bukan merupakan fungsi tambahan, tetapi mempunyai fungsi sendiri sebagai alat bantu untuk mewujudkan situasi belajar mengajar yang efektif.
- Penggunaan media pengajaran merupakan bagian yangintegral dari keseluruhan situasi mengajar. Ini berarti bahwa media pengajaran merupakan salah satu unsur yang harus dikembangkan guru.
- Media dalam pengajaran penggunaannya bersifat integral dengan tujuan dan isi pelajaran.
- Penggunaan media bukan semata - mata sebagai alat huburan yang digunakan hanya sekedar melengkapi proses belajar supaya lebih menarik perhatian siswa.
- Penggunaan media dalam proses pembelajaran lebih diutamakan untuk mempercepat proses belajar dan membantu siswa dalam menagkap pengertian yang diberikan guru.
- Pengguna media dalam pengajaran diutamakan untuk mempertinggi mutu belajar mengajar.
0 komentar:
Posting Komentar